Kamis, 04 Februari 2010

PERANAN PEMBIAYAAN QARDHUL HASAN DI BAITUL MAAL DALAM PENINGKATAN EKONOMI UMAT

Baitul Maal wat Tamwil merupakan Lembaga Keuangan Non Bank yang selain bergerak di bidang bisnis yang bersifat profit oriented (Baitut Tamwil), juga bergerak sebagai lembaga sosial (Baitul Maal). Bahwa salah satu kegiatan sosial yang dilakukan oleh Baitul Maal adalah pembiayaan qardhul hasan. Yang menjadikan ketertarikan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan pembiayaan qardhul hasan dalam pembinaan kesejahteraan penerima pembiayaan ini.

Jenis penelitian ini adalah field reaserch yang dilakukan di BMT tentang Pembiayaan Qardhul Hasan. Sumber data meliputi sumber data primer dan skunder. Tehnik pengumpulan datanya melalui documentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif dengan berfikir secara induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola pembiayaan qardhul hasan di Baitul Maal berperan kecil dalam pembinaan kesejahteraan peminjam karena peranannya hanya memberikan pinjaman kepada peminjam sekedar untuk membantu memenuhi kebutuhan peminjam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar